Capricorn

Sewaktu masih kecil, orang Capricorn biasanya sudah mempelajari dan meyakini bahwa hidup adalah urusan yang serius. Bahkan, pada waktu anda masih muda, kemungkinan anda tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Beberapa ciri yang tampak dari kepribadian anda, antara lain sabar, tekun, dan bermartabat. Namun, anda terkadang bersikap terlalu serius dan terlalu disiplin, sehingga anda kelihatan pendiam atau kurang ramah. Bila anda belajar untuk menerima diri sendiri, kesan negatif seperti tersebut lama-lama akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya. Semakin bertambah usia anda, semakin anda akan tampak ramah dan tampak lebih muda di mata orang lain!

Anda cenderung memandang dunia sebagai tempat yang harus digunakan untuk bekerja keras tanpa bantuan dari orang lain. Namun, anda tidak perlu merasa iri terhadap orang-orang yang sepertinya berhasil tanpa upaya yang berarti. Apabila kita selalu menganggap rumput di halaman tetangga lebih hijau, berarti kita masih ingin melarikan diri dari kenyataan daripada menghadapi kehidupan kita sendiri dengan sikap yang tangguh. Bila anda melakukan introspeksi, lama-lama anda akan menyadari bahwa anda senang bekerja keras. Justru dengan cara inilah anda

berkemungkinan untuk membuktikan kecakapan anda pada dunia maupun diri sendiri dan meraih kepuasan dari kehidupan.

Anda ingin memperoleh kehormatan melalui kemampuan anda untuk menghasilkan sesuatu yang praktis dan nyata. Karir anda (entah sebagai ibu rumah tangga atau menteri negara) merupakan suatu pusat identitas diri anda, sehingga anda bakal menilai diri sendiri berdasarkan apa yang dapat anda lakukan di dalam lapangan kerja. Ambisi anda yang tinggi disertai kerelaan untuk memikul tanggung jawab mungkin mengarah pada kedudukan yang terhormat di dalam masyarakat. Anda dapat menjadi orang yang sangat cakap, yaitu seseorang yang secara sistematis bersikeras untuk mencapai tujuan sesuai dengan batas-batas kenyataan yang dimilikinya.

Walaupun demikian, banyak orang Capricorn terkadang berusaha terlalu keras. Mereka menolak menyesuaikan diri dengan batas waktu, sehingga kesulitan menyeselaikan tugas. Mereka menolak batas fisik dan memaksa diri untuk bekerja terus tanpa istirahat, makanan, atau hiburan yang cukup. Sebaliknya, orang Capricorn juga dapat menghambat dirinya sendiri dengan berpikir terlalu pesimis. Orang seperti ini membayangkan halangan yang sebenarnya tidak ada dan sudah putus asa sebelum mulai berjuang. Karena begitu yakin dengan kegagalan yang akan ditemui, mereka sering mengalami depresi dan tidak berusaha sama sekali.

Jalan tengah antara kedua sikap tersebut, anda harus menentukan apa yang bakal tercapai dalam batas yang realistis dan mengejarnya dalam konteks tersebut. Menentang batas-batas kenyataan akan menimbulkan frustrasi, demikian juga bila anda membayangkan batas-batas yang sebenarnya tidak ada. Dengan menekankan apa yang dapat dilakukan secara realistis (bukan secara pesimistis), anda dapat menjadi sangat efektif dan produktif dalam segala usaha anda.

Potensi Positif:

praktis, realistis, berhati-hati, rajin, ambisius, cermat, tekun, hemat, bertanggung jawab, dapat diandalkan, mengejar kehormatan, memiliki standar yang tinggi

Potensi Negatif:

gengsi, terobsesi dengan status, terlalu mengontrol atau memperalat orang lain dalam

memburu kekuasaan, gila kerja, terlalu serius, kolot, tidak percaya diri, suka depresi

Peran favorit kalangan Capricorn:

presiden, eksekutif, ayah, orang tua yang bijaksana

Dasar harga diri:

karir, tradisi, status, apa yang dapat anda sumbangkan pada dunia

Ingin memperoleh pengakuan melalui:

sikap serius, disiplin, kerja keras, dedikasi, keterampilan dalam suasana formil

Benar-benar hidup pada saat sedang:

berkuasa, meraih prestasi, membina struktur yang mapan

Mencurahkan semangat dalam:

profesi, kewajiban, tanggung jawab, pertimbangan praktis, mencapai puncak dalam

bidang apa saja

Hal-hal yang diutamakan:

status, kekuasaan, wewenang, keahlian, struktur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: