Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, dan Nettop

Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, dan Nettop

Istilah Notebook pertama kali muncul pada saat era komputer jinjing. Istilah ini ditujukan untuk komputer lipat yang  bisa dijinjing kemana-mana. Ukurannya lebih kecil dari PC sehingga efektif untuk dibawa kemana-mana.

Trus kalo istilah Laptop apa lagi tuh???

Kalau Tukul bilang : “Kembali ke Laptop…”

Istilah laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Dikatakan laptop karena lebih mengacu kepada perilaku pengguna Notebook tersebut yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha atau memangku. Kata ‘Lap’ merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.

Trus kalo Netbook, apalagi itu???

Gbr. Netbook fashion yang dikeluarkan Hp bersamaan dengan Fashion Show

Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada Februari 2008. Istilah ini ditujukan untuk kategori notebook berukuran kecil, ringan dan fungsionalitas yang mencukupi. Netbook bisa disebut sebagai versi laptop lebih kecil.

Perbedaan Notebook dengan Netbook

Ukuran Layar

Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas : 7 – 10 inci, kalau Notebook ukuran layar nya 11-17 inci. Netbook tidak akan dibuat apabila layarnya melebihi 10 inci.

Spesifikasi Hardware

Spesifikasi hardware antara netbook dengan notebook berbeda. Biasanya, netbook menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi. . Netbook biasanya dibekali Ram 512mb-1gb untuk mendukung performanya. Netbook biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan wi-fi dan bloetooth. Sedangkan notebook biasanya menggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo. Ketersediaan input dan output device di Netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih kecil, Netbook tidak memiliki Optical Disk Drive dan hanya mengandalkan slot USB.

Daya Tahan Baterai

Pada umumnya notebook hanya mampu hidup dengan baterai selama 1 – 3 jam. Sedangkan Netbook mampu bertahan antara 3-5 jam. Karena hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

Ada juga istilah Nettop. Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Di sini juga ada penekanan pada akses internet yang wajib ada. Netbook dan nettop merupakan proyek Intel untuk memberi akses komputer di negara berkembang.

Sumber : http://www.bangdewa.web.id

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: